Cara Install Ubuntu Chroot di Termux Android

Cara Install Ubuntu Chroot di Termux Android


Mungkin buat sebagian dari Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Ubuntu. Ya, Ubuntu merupakan salah satu OS yang berbasis distro Linux. Biasanya, OS Ubuntu ini hanya bisa dijalankan di PC maupun laptop saja.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin meningkat, kini Ubuntu dapat dijalankan di perangkat lunak Android. Sebenarnya, hal tersebut sudah lama bisa di lakukan, sekitar dua tahunan yang lalu.

Saya sendiri pun juga sudah pernah mencoba menginstalnya dengan menggunakan bantuan aplikasi Linux Deploy. Tapi, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial tentang Cara Install Ubuntu Chroot di Termux Android.

Cara Install Ubuntu Chroot di Termux Android

Oke, tanpa banyak basa-basi lagi. Langsung saja kita ke tutorialnya. Adapun langkah-langkah cara menginstall Ubuntu Chroot di Termux Android adalah sebagai berikut:

1. Pertama-tama silahkan Anda buka Termux, kemudian lakukan update and upgrade dengan mengetik kode berikut: $ apt update && apt upgrade -y lalu install package pendukung $ apt install wget proot

2. Selanjutnya, buat folder baru $ mkdir -p ~/myos/ubuntu dan masuk ke folder yang dibuat tadi $ cd myos/ubuntu

3. Kemudian download script ini, btw script ini bertujuan untuk mendownload file Ubuntu Chroot nya (ukuran sekitar 25 Mb).
 
$ wget https://raw.githubusercontent.com/Neo-Oli/termux-ubuntu/master/ubuntu.s
4. Setelah itu jalankan, maka secara otomatis akan mendownload file Ubuntu.tar dan nantinya akan muncul file baru yang bernama start-ubuntu.sh ($ bash ubuntu.sh)

5. Nah, jika Anda ingin log-in atau menjalankan nya. Maka, Anda cukup jalankan file start-ubuntu.sh dengan mengetik $ ./start-ubuntu.sh

6. Setelah dijalankan, silahkan Anda lakukan update repo root@localhost:~# apt-get update dan silahkan Anda pilih package Ubuntu yang ingin Anda install.

Gimana mhanx? Mudah bukan?

Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini tentang Cara Install Ubuntu Chroot di Termux Android. Semoga tutorial ini dapat membantu Anda semua yang ingin menginstall Ubuntu di Termux. Sekian dan terima kasih,